Skip to main content

Three Study Programs in the FT UNY Environment Ready to Use APS 4.0

Ilustrasi profil prodi-prodi di FT UNY

Pada tanggal 13 Maret 2019, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) mengeluarkan surat edaran dengan nomor 570/BAN-PT/LL/2019 perihal ketentuan usulan APS 2019, yang intinya menyampaikan bahwa usulan berkas akreditasi yang dikirimkan setelah tanggal 31 Maret 2019 harus menggunakan instrument terbaru yaitu instrument Akreditasi Program Studi (APS) 4.0. Intrument APS 4.0 dan panduannya tertuang dalam Peraturan BAN PT Nomor 2 tahun 2019. Instrumen baru ini terdiri dari:

  1. Panduan Penyusunan Evaluasi Diri (File dapat diunduh pada tautan ini)
  2. Panduan Penyusunan Laporan Kinerja Program Studi (File dapat diunduh pada tautan ini)
  3. Borang Data Kuantitatif (Isian Excel SAPTO) (File dapat diunduh pada tautan ini)

Diketahui bahwa, ada 3 program studi di lingkungan Fakultas Teknik UNY yang akan mengusulkan akreditasi di tahun 2019 ini. Program studi tersebut adalah Pendidikan Teknik Boga (S1), Pendidikan Teknik Busana (S1) dan Teknik Otomotif (D3). Status Akreditasi prodi Pendidikan Teknik Boga akan kadaluarsa tanggal 28 Maret 2020. Pendidikan Teknik Busana, yang masih satu lingkup jurusan dengan Pendidikan Teknik Boga, akan habis masa akreditasinya pada tanggal 6 April 2020. Sedangkan prodi Teknik Otomotif D3 akan kadaluarsa akreditasinya pada tanggal 27 Juni 2020.

Mengingat bahwa berkas akreditasi harus sudah di-unggah setidaknya 6 bulan sebelum waktu kadaluarsa, maka ketiga prodi tersebut harus sudah menyelesaikan berkas akreditasi di tahun 2019. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pengelola program studi untuk menyiapkan berkas tersebut. Hal terpenting adalah memahami isian borang baru yang dikenal dengan istilah Akreditasi Program Studi (APS) 4.0 yang berisi 9 kriteria (sebelumnya 7 standar). Selanjutnya, pengelola program studi membentuk tim penyusun borang yang dikoordinir oleh Ketua Program Studi. Harapannya, ketiga prodi tersebut mendapat predikat akreditasi terbaik.