Skip to main content

Workshop Penyusunan Laporan Emonev Pembelajaran Awal Semester Gasal FT UNY Tahun Ajaran 2023/2024

Workshop Penyusunan Laporan Emonev Pembelajaran Awal Semester Gasal FT UNY Tahun Ajaran 2023/2024

UPM FT UNY - Yogyakarta, 12 Oktober 2023 - Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) menyelenggarakan Workshop Penyusunan Laporan Emonev Pembelajaran Awal Semester Gasal Tahun Ajaran 2023/2024. Acara ini berlangsung pada Kamis, 12 Oktober 2023, mulai pukul 12.30 hingga 16.00 WIB di Ruang Sidang KPLT Lantai 2. Kegiatan ini diadakan oleh Unit Penjaminan Mutu FT UNY untuk memastikan kualitas pembelajaran melalui evaluasi monitoring (Emonev) yang terstruktur.

Workshop dibuka oleh Ibu Bonita Destiana, M.Pd., yang menyampaikan pentingnya penyusunan laporan Emonev dalam siklus Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang meliputi tahapan PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan). Prof. Dr. Ir. Edy Supriyadi, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, memberikan arahan mengenai pentingnya laporan Emonev untuk akreditasi baik di tingkat nasional maupun internasional.


A group of people sitting at tables with laptops

Description automatically generated

Amelia Fauziah Husna, S.Pd., M.Pd. dan Yuwono Indro Hatmojo, S.Pd., M.Eng., memaparkan laporan Emonev Pembelajaran Awal Semester Gasal FT Tahun Ajaran 2023/2024. Laporan ini berisi evaluasi kinerja pembelajaran di berbagai program studi di lingkungan FT UNY.

Peserta workshop berjumlah 20 orang, terdiri dari perwakilan program studi dan departemen di FT UNY. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di Ruang Sidang KPLT Lantai 2.



A group of people sitting at a table

Description automatically generated

Tujuan Kegiatan:

  1. Evaluasi Pembelajaran: Melaksanakan monitoring pembelajaran melalui pengisian E-Monev pada laman http://survey.uny.ac.id/.
  2. Akreditasi: Laporan Emonev digunakan sebagai dokumen pendukung dalam akreditasi nasional dan internasional.
  3. Feedback Kinerja: Mengumpulkan masukan dari berbagai stakeholder untuk meningkatkan pelayanan akademik di FT UNY.

Hasil dan Indikator Keberhasilan:

  1. Angket Terisi: Laporan menunjukkan tingkat partisipasi pengisian angket yang bervariasi antar program studi, dengan beberapa prodi mencapai 100% pengisian.
  2. Kualitas Pembelajaran: Evaluasi menunjukkan pelaksanaan perkuliahan teori, laboratorium, dan tugas akhir mendapat predikat sangat baik di sebagian besar program studi.
  3. Feedback dan Tindak Lanjut: Masukan dari peserta workshop akan digunakan untuk perbaikan berkelanjutan, termasuk pelatihan untuk pimpinan agar lebih familiar dengan sistem E-Monev.

Keberlanjutan:

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di FT UNY. Setelah penyusunan laporan Emonev, setiap prodi diwajibkan melaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) untuk menindaklanjuti hasil evaluasi. Prodi juga diharapkan mengunggah laporan hasil RTM sebagai bagian dari proses dokumentasi dan perbaikan mutu.

Notulensi Kegiatan:

Prof. Dr. Ir. Edy Supriyadi, M.Pd. menyampaikan beberapa poin penting dalam sesi diskusi, antara lain:

  1. Perlunya menyelaraskan nama prodi untuk mengakomodasi formasi CPNS.
  2. Strategi untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam pengisian E-Monev.
  3. Pentingnya pelatihan untuk pimpinan terkait penggunaan sistem E-Monev.

Bonita Destiana, M.Pd., menambahkan bahwa laporan Emonev tahun depan akan lebih detail dengan mengundang Direktorat Penjaminan Mutu dan memasukkan kegiatan ini dalam RKA tahun depan. Monitoring akhir semester gasal juga akan ditingkatkan untuk memperoleh lebih banyak responden.


A group of men sitting at a table with a computer

Description automatically generated

Dr. Khusni Sauqi, M.Pd., menekankan bahwa prodi memerlukan laporan per program studi untuk keperluan audit mutu internal (AMI) dan instrumen yang berbeda untuk berbagai jenis lomba.

Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di FT UNY dan mempersiapkan program studi untuk proses akreditasi yang lebih baik.


Editor: RAA