Penyusunan Panduan Proses dan Penilaian Pembelajaran FT UNY: Fondasi Mutu untuk Pembelajaran yang Efektif dan Terstandar

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) melalui Unit Penjaminan Mutu menyelenggarakan kegiatan Penyusunan Laporan Perumusan Panduan Proses dan Penilaian Pembelajaran pada Rabu, 23 April 2025. Kegiatan ini bertujuan untuk menetapkan standar mutu dalam proses dan penilaian hasil belajar yang berlaku di lingkungan FT UNY, khususnya dalam konteks implementasi pembelajaran berbasis blended learning dan penjaminan mutu akreditasi.
Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di Ruang Sidang KPLT Lantai 2, dan dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Mutiara Nugraheni, S.T.P., M.Si., selaku Dekan Fakultas Teknik UNY.
Narasumber dan Tujuan Kegiatan
Hadir sebagai narasumber utama adalah Prof. Dr. Endang Mulyatiningsih, M.Pd., yang menyampaikan materi substantif terkait prinsip-prinsip penjaminan mutu proses pembelajaran dan sistem penilaian hasil belajar yang objektif dan terukur.
Tujuan utama dari kegiatan ini adalah:
- Menetapkan standar proses pembelajaran blended learning yang harus dipenuhi oleh seluruh dosen.
- Meningkatkan kualitas dan konsistensi proses pembelajaran di FT UNY.
- Mengembangkan sistem penilaian pembelajaran yang objektif dan berbasis indikator capaian.
- Menyelaraskan praktik pembelajaran dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti).
- Mendorong peningkatan kompetensi dosen dalam merancang proses dan penilaian yang berstandar mutu.
Mekanisme dan Kegiatan
Kegiatan dilaksanakan secara partisipatif dengan melibatkan jajaran pimpinan fakultas, Unit Penjaminan Mutu (UPM), serta para penyusun dari tim Task Force Program Studi. Proses diskusi, evaluasi, dan finalisasi dokumen dilakukan secara intensif dalam satu sesi kerja pukul 09.00–13.00 WIB.
Seluruh komponen terlibat aktif dalam menyempurnakan dokumen panduan yang menjadi:
- Acuan bagi monitoring dan evaluasi pembelajaran di tingkat program studi.
- Referensi operasional dalam mendukung layanan akademik dan proses akreditasi.
- Dasar pengembangan sistem evaluasi pembelajaran yang selaras dengan tuntutan kampus merdeka dan OBE (Outcome-Based Education).
Capaian dan Indikator Keberhasilan
Kegiatan ini menghasilkan capaian strategis sebagai berikut:
- Tersusunnya Panduan Penjaminan Mutu Proses dan Penilaian Pembelajaran Tahun 2025
- Dokumen dapat digunakan sebagai bukti pendukung dalam akreditasi program studi, khususnya akreditasi internasional
- 100% partisipasi dari unsur fakultas, UPM, dan Task Force Prodi
Keberlanjutan dan Dampak Strategis
Sebagai bentuk keberlanjutan, panduan yang telah dirumuskan akan digunakan sebagai:
- Dokumen operasional resmi untuk seluruh program studi di bawah FT UNY
- Instrumen utama dalam pelaksanaan audit mutu internal dan evaluasi pembelajaran
- Panduan bagi pelatihan dosen terkait perancangan pembelajaran, asesmen, dan refleksi berbasis mutu