Skip to main content

Penyusunan Laporan Tracer Study Fakultas Teknik UNY

Penyusunan Laporan Tracer Study Fakultas Teknik UNY

Penjamu FT UNY - Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) menyelenggarakan kegiatan Penyusunan Laporan Tracer Study pada hari Kamis, 7 September 2023. Acara ini dilaksanakan secara daring melalui Ruang Sidang KPLT Lantai 2 dengan dihadiri oleh 17 peserta yang terlibat aktif.

Urgensi Tracer Study untuk Penyusunan Kurikulum dan ReAkreditasi

Dr. Umi Rochayati, M.T., selaku Ketua Unit Penjaminan Mutu, membuka kegiatan dengan menekankan urgensi Tracer Study dalam menyusun kurikulum dan persiapan reAkreditasi. Dia menggambarkan bahwa data Tracer Study, terutama dari TS-2 hingga TS-4, sangat penting untuk mendapatkan nilai akreditasi. Selanjutnya, dia menyampaikan bahwa reAkreditasi S1 murni direncanakan pada tahun 2025 berdasarkan saran dari pihak terkait.

Presentasi Data dan Analisis Tracer Study oleh Yuniar Indrihapsari, M.Eng

Yuniar Indrihapsari, M.Eng, menyampaikan data dan analisis hasil Tracer Study. Rata-rata pendapatan lulusan D4 Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Teknik Boga sekitar 6.2 juta. Namun, terdapat beberapa kendala, seperti tidak semua alumni mengisi instrumen, yang menyebabkan adanya bias dalam data.

Beberapa temuan penting dari presentasinya:

  • Rata-rata alumnus merasa pekerjaannya sesuai sekitar 36%.
  • Tidak ada korelasi antara IPK dan pekerjaan yang dipilih oleh alumni.
  • Waktu tunggu lulusan terbagi menjadi dua kluster, dengan masa tunggu lebih dari 1 tahun untuk kluster tertentu.
     tracer study

     

Rekomendasi dan Langkah Tindak Lanjut

Berdasarkan hasil presentasi, dilakukan sesi diskusi oleh Bonita Destiana, M.Pd., Munir, M.Pd., dan Yosep Efendi, M.Pd. Beberapa rekomendasi dan langkah tindak lanjut yang diusulkan antara lain:

  • Menyertakan range gaji minimal 1,2 UMR dalam instrumen Tracer Study.
  • Menentukan range waktu tunggu lulusan.
  • Membuat surat tertulis yang mewajibkan alumni untuk mengisi Tracer Study.
  • Melibatkan pusat karier dalam memberikan informasi tentang "take home pay" daripada menyebutkan gaji.

Semua peserta sepakat untuk lebih meningkatkan komunikasi dengan alumni dan mengoptimalkan penggunaan Tracer Study untuk peningkatan kualitas pendidikan di Fakultas Teknik UNY. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan sumbangan positif dalam merumuskan langkah-langkah strategis ke depan.

 

tracer study


Editor: RAA