Skip to main content

Workshop Penyusunan Dokumen Join SAR Akreditasi ASIIN

Workshop Penyusunan Dokumen Join SAR Akreditasi ASIIN

Penjamu FT UNY - Pada hari Jumat, 24 Februari 2023, telah diselenggarakan Workshop Penyusunan Dokumen Join SAR Akreditasi ASIIN di Ruang Sidang KPLT Lantai 2 fakultas teknik UNY. Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 15.00 WIB.

Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan fakultas teknik UNY, pimpinan unit penjaminan mutu fakultas dan tim, serta tim penyusun borang ASIIN.

Pada acara tersebut, Prof. Dr. Ir. Edy Supriyadi, M.Pd. menyampaikan beberapa hal, diantaranya dokumen yang diperlukan untuk akreditasi ASIIN, yaitu Kurikulum versi ASIIN, Module Handbook, Staff Handbook, Portofolio Mata Kuliah, Tugas Akhir Mahasiswa, SKPI Lulusan, dan Website yang dilengkapi. Setiap program studi akan mendapatkan dana sebesar 25 juta, ATK dan konsumsi dengan koordinasi dengan keuangan. Rencana pengajuan akreditasi ASIIN direncanakan pada Januari dan timeline yang sudah direncanakan akan selesai pada akhir Maret.

Workshop Penyusunan Dokumen Join SAR Akreditasi ASIIN

Dr. Ir. Apri Nuryanto, S.Pd., S.T,. M.T. menyampaikan bahwa data di tingkat fakultas harus diselesaikan segera, sedangkan di tingkat program studi akan diselesaikan. Timeline juga harus disepakati kapan harus selesai. Dana 25 juta apakah khusus untuk penyusunan borang ASIIN saja atau sampai asesment lapangan.

Handaru Jati, ST.,M.M.,M.T.,Ph.D. menyampaikan bahwa intinya adalah kurikulum berbasis outcome based, harus mengikuti apa yang ASIIN tetapkan, jika tidak diikuti akan timbul banyak masalah. Nanti akan banyak rekomendasi. Akreditasi tidak full, hanya berlaku satu tahun. Fakultas teknik UNY harus layak internasional. Laporan berbentuk join SAR maka harus banyak mengambil kesepakatan dan kesepahaman, kita mengikuti panduan. Sekilas ada yang belum mengikuti, apa karena pemahaman beda atau belum melengkapi. Kekurangan Join SAR adalah apabila ada satu program studi yang nilainya tidak baik, maka program studi yang lain juga memiliki dampak yang sama. Sediakan akademik dokumen dirubah ke Bahasa Inggriskan.

Workshop Penyusunan Dokumen Join SAR Akreditasi ASIIN 2

Wisnu Rachmad Prihadi, M.Pd. juga menyampaikan beberapa hal terkait tugas akhir, jumlahnya yang perlu disiapkan, dan SKPI yang harus dibuat. SSC harus disamakan dengan panduan dan jumlahnya harus disamakan dengan panduan.

Kegiatan berlangsung dengan baik dan peserta diberikan pemahaman yang baik terkait penyusunan dokumen Join SAR Akreditasi ASIIN. Semua pihak berkomitmen untuk menyelesaikan dengan baik sesuai dengan timeline yang telah disepakati.

Workshop Penyusunan Dokumen Join SAR Akreditasi ASIIN 3

 

Editor: RAA