Skip to main content

Workshop Finalisasi Dokumen Join SAR Akreditasi ASIIN

Workshop Finalisasi Dokumen Join SAR Akreditasi ASIIN

Penjamu FT UNY - Pada hari Senin, 13 Maret 2023, unit penjaminan mutu fakultas teknik Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Finalisasi Dokumen Join SAR Akreditasi ASIIN. Kegiatan ini dihadiri oleh 35 peserta dan berlangsung dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB di Ruang Sidang KPLT Lantai 2, fakultas teknik, universitas tersebut.

Pada kesempatan ini, Prof. Dr. Ir. Edy Supriyadi, M.Pd selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni FT UNY  menyampaikan harapannya agar AL asiin dapat dilaksanakan dengan lancar dan dengan adanya akreditasi ini, diharapkan dapat meningkatkan level kualitas lima prodi yang mengikuti kegiatan ini. Selain itu, ia juga berharap agar dokumen segera diselesaikan dan disubmit ke direktorat penjamu.
 

finalisasi ASIIN

Dr. Umi Rochayati, MT selaku ketua unit penjaminan mutu menjelaskan bahwa JOIN SAR dilakukan karena mendapatkan warning dari Bu Diah dan Budiah mendapatkan tagihan dari rektorat bahwa ASIIN harus segera di-submit. Tujuannya, setelah finalisasi Join SAR, dokumen tersebut dapat diserahkan untuk proses selanjutnya. Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa modul handbook harus dalam bahasa Inggris dan dokumen tersebut harus diserahkan ke direktorat penjamu untuk di-translatekan.

 

finalisasi ASIIN

Dr. Ir. Apri Nuryanto, S.Pd., S.T., M.T. memberikan masukan bahwa pada semester lalu digunakan pola konversi, namun kurikulum yang sudah dilakukan tidak diakui oleh Kementerian (dianggap bukan mata kuliah MBKM). Oleh karena itu, dilakukan konversi ke prodi sendiri setara dengan apa. Selain itu, ia juga memberikan masukan terkait persentase FT yang non-DIK dan yang DIK.

Handaru Jati, S.T. M.M., M.T.Ph.D. menyampaikan pentingnya sepakat terlebih dahulu mengenai proses penyusunan SARS sebelum melakukan pengerjaan penyesuaian dokumen. Ia juga memberikan solusi untuk mengganti saja kode mata kuliah agar akuisisi mata kuliah prodi menjadi lebih mudah.

Nurkhamid, S.Si., M.Kom., Ph.D. menyampaikan bahwa prodi TI untuk penyiapan dokumen akreditasi mengikuti akreditasi internasional yang pernah dilaksanakan sebelumnya. Ia menyebut bahwa dokumen yang dibutuhkan saat ini sudah lengkap dan hanya tinggal menyesuaikan dengan dokumen yang dibutuhkan saat ini.

Dr. phil. Mashoedah, S.Pd., M.T. menyampaikan bahwa pihaknya akan melanjutkan terkait dokumen apa saja yang perlu diperbaiki dan melakukan sinkronisasi di web serta menyesuaikan dengan kurikulum yang ada. Ia juga menambahkan bahwa untuk dokumen dalam bahasa Inggris, deskripsi kurikulum masih belum diterjemahkan.

Editor: RAA