Skip to main content

PRODI TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN PERTAHANKAN AKREDITASI UNGGUL

Unggul Sipil

Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta berhasil mempertahankan raihan Akreditasi Unggul berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 10497/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/VIII/2021, yang berlaku hingga 04 September 2025. Capaian ini kembali diraih berkat kualitas Prodi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan yang selalu ditingkatkan dari waktu ke waktu. Penilaian akreditasi ini dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) secara periodik, 5 tahun sekali, yang meliputi berbagai aspek, seperti visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, sistem pengelolaan, mahasiswa dan lulusan, sumber daya manusia, kurikulum, sarana, prasarana, sistem informasi, penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

Koordinator Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Dr. Nuryadin Eko Raharjo, M.Pd., menjelaskan bahwa untuk mempertahankan akreditasi bukanlah hal yang mudah. Banyak aspek peniliaian yang dilihat dalam penilaian akreditasi ini, tidak hanya mengenai manajemen program studi, namun juga tentang input dan output terkait bagaimana program studi mendapatkan mahasiswa baru hingga kualitas alumni. “Dalam prosesnya, kualitas dosen dan kegiatan belajar-mengajar juga dijaga juga hubungan dengan para mahasiswa sehingga mereka merasa nyaman untuk berproses di program studi ini,” ungkapnya.

“Seraya mengucapkan syukur, akderitasi unggul juga merupakan sebuah tanggung jawab dan tantangan besar untuk terus mempertahankan kualitas karena tantangan masa depan makin besar demi meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, kualitas SDM, kualitas manajemen dan tata kelola, serta mutu lulusan, dan kerja sama dengan pihak luar,” bebernya.

Terlebih, dewasa ini, perguruan tinggi terus didorong untuk meraih akreditasi internasional melalui peningkatan kualitas dosen serta mutu pendidikan sebagai jaminan kualitas perguruan tinggi di mata publik internasional,” lanjut Nuryadin.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada segenap pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, alumni, mahasiswa, dan stakeholder atas kerjasamanya. Hasil yang memuaskan ini akan kami imbangi dengan pembenahan dan perbaikan dari berbagai sisi secara berkelanjutan,” ujar Nuryadin.