Skip to main content

Penjamu FT UNY Menyelenggarakan Koordinasi Akreditasi ASIIN

Koordinasi Akreditasi ASIIN

Penjamu FT UNY - Koordinasi Akreditasi ASIIN Diselenggarakan di Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Senin, 13 Februari 2023, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan kegiatan Koordinasi Akreditasi ASIIN. Kegiatan tersebut dihadiri oleh pimpinan fakultas, ketua unit penjaminan mutu beserta tim dan tim akreditasi ASIIN. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB di Ruang Sidang KPLT Lantai 2 fakultas teknik, UNY. 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Unit Penjaminan Mutu Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, dalam kegiatan tersebut, Prof. Dr. Ir. Edy Supriyadi, M.Pd menyampaikan beberapa hal terkait dengan RKPT untuk ASIIN, dimana beberapa pertanyaan terkait RKPT baru diminta ke Bu WD. Ia juga menyampaikan bahwa penjamu diminta menyiapkan akreditasi ini karena ini relatif baru apabila AL nya luring. Selain itu, ia menyoroti pentingnya pencapaian IKU pada prodi yang mencapai akreditasi internasional. Ia juga membahas mekanisme untuk melakukan workshop, yang nantinya akan diikuti oleh prodi untuk menindaklanjuti workshop tersebut. Pengerjaan join SAR dan penyusunan borang prodi dilaksanakan paralel. Workshop direncanakan dilaksanakan 2 kali di level Fakultas.

Selain itu, Dr. Umi Rochayati, M.T. juga memberikan beberapa pandangannya terkait dengan pembuatan handbook. Ia menekankan pentingnya workshop pertama terkait dengan kurikulum, penilaian dan handbook. Join SAR juga akan dikirim ke ASIIN. Workshop pertama akan dilaksanakan di level Fakultas, workshop kedua di masing-masing prodi dan workshop ketiga ada di Fakultas lagi. Profil lulusan, peta kurikulum, penyajian relasi antar mata kuliah juga dibahas dalam kegiatan ini. Selain itu, difabel dan evaluasi ada di peraturan akademik harus dilakukan.

Bonita Destiana, M.Pd. dalam pandangannya menyarankan dari level penjamu pusat untuk menagih per PIC, misalkan kekurangan. Update website prodi PTSP, lulusan PTEI ada administrator pendidikan, perlu dikroscek. Mesin dan Otomotof belum dilihat. PTI handbook masih dalam bahasa Indonesia dan penyajian belum rapih. Kurikulum versi ASIIN juga perlu di-review oleh prodi.

Dr. Ir. Bayu Rahmat Setiadi, S.Pd., M.Pd juga memberikan pandangannya terkait dengan kerja dua kali prodi. Ia menyarankan agar dari masing-masing kriteria ada dari prodi, misalnya 1 kriteria ada 5 prodi. Selain itu, ia menekankan pentingnya memilih home based dan mata kuliah serta menyiapkan time line kegiatan.

Terakhir, Ir. Yosep Efendi, S.Pd., M.Pd. menekankan pentingnya kriteria lima yang merupakan sistem penjaminan mutu dari universitas ke fakultas, perlu diterjemahkan struktur organisasi. Selain itu, perlu diuraikan laporan AMI masing-masing prodi dalam bentuk bahasa Inggris dan cukup link saja yang dimasukkan. kemudian beliau juga menambahkan perlu dilampirkan data dokumen Statistik emonev, survey, AMI dan tracer studi diminta tahun 3 tahun terakhir (2020,2021 dan 2022).

diharapkan dengan adanya penyelenggaraan kegiatan Koordinasi Akreditasi ASIIN ini dapat memudahkan dalam proses penyelesaian dan persiapan Akreditasi ASIIN yang akan segera dilaksanakan.

Editor: RAA