Skip to main content

Rapat Kerja Divisi Audit dan Monev Penjamu FT UNY

Rapat Kerja Divisi Audit dan Monev Penjamu FT UNY

Penjamu FT UNY - Unit Penjaminan Mutu Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan rapat kerja Divisi Audit dan Monev pada Selasa, 21 Maret 2023. Rapat dilakukan secara daring via zoom dan dihadiri oleh 14 orang dari Divisi Audit dan Monev.

Prof. Dr. Ir. Edy Supriyadi, M.Pd. menyampaikan bahwa Audit dan Monev merupakan komponen yang sangat penting dari beberapa program di Fakultas. Audit bertujuan untuk memotret pelaksanaan, kendala, dan evaluasi program, dan akan memberikan rekomendasi follow up action untuk program-program yang membutuhkannya. Beliau juga menekankan bahwa Fakultas perlu terus berinovasi agar tetap eksis, mengingat banyaknya PNS yang akan pensiun dalam waktu lima tahun ke depan.

Muh. Munir, M.Pd. melaporkan bahwa kegiatan e-Monev secara rutin dilakukan oleh Mbak Amel, ditambah dengan Pak Yuwono pada tahun ini. GPM diminta untuk mengirim e-rapot dan Tracer Study masih dihandle oleh Mbak Indri. Selain itu, AMI akan dilaksanakan oleh pusat PIC Pak Beni dan Bu Akhsin pada bulan September. E-survey akan dilakukan pada bulan Februari untuk monitoring dan bulan September untuk laporan. PIC untuk kegiatan ini adalah Mbak Asri dan Pak Anggun. Audit mutu kinerja prodi akan dilakukan oleh Pak Khusni pada bulan November.

Husna, S.Pd., M.Pd. memberikan informasi bahwa pengisian e-Monev untuk PBM awal semester Gasal baru akan dilakukan pada bulan Desember, dan Mbak Amel belum dapat melihat e-rapot dari setiap GPM. Saran dari Pak Munir adalah melakukan workshop untuk membuat e-rapot seperti e-rapot Mbak Akhsin.

Bonita Destiana, M.Pd. memberikan masukan agar pelaksanaan e-Monev awal semester genap tidak dilakukan pada bulan Desember, karena ada kaitannya dengan RKPT. Beliau juga mengusulkan adanya timeline sosialisasi pengisian e-survey di fakultas lain.

Yuniar Indrihapsari, M.Eng. menambahkan bahwa ada penambahan pada aspek IPK dan gender dalam e-survey, serta mencoba mengetahui apakah IPK mempengaruhi cepatnya mendapatkan pekerjaan, posisi dalam pekerjaan, dan gaji. Beliau juga meminta data pertahun dari Mas Dani selama lima tahun terakhir untuk melihat apakah terjadi peningkatan dari gaji.

Beni Tri Sasongko, S.T. M.Eng. menyampaikan kendala dalam laporan AMI, yaitu tidak lengkapnya temuan dan saran perbaikan. Beliau mengusulkan agar nilai kurang diberi temuan dan saran perbaikan, sehingga penyusun laporan dapat melakukan analisis dengan lebih baik.

Selain itu, rapat juga membahas tentang perlunya membuat surat sosialisasi pengisian e-survey, monitoring pengisian e-survey, serta pembuatan laporan e-survey oleh Bu Asri dan Pak Anggun. Semua informasi ini akan berguna untuk meningkatkan kualitas program di Fakultas Teknik kedepannya.


Editor: RAA