Skip to main content

External Benchmarking Unit Penjaminan Mutu FT dengan PTN Luar Negeri (Universitas Teknologi Malaysia)

External Benchmarking Unit Penjaminan Mutu FT dengan PTN Luar Negeri (Universitas Teknologi Malaysia)

Penjamu FT UNY - Unit Penjaminan Mutu, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengadakan kegiatan External Benchmarking Unit Penjaminan Mutu FT dengan PTN Luar Negeri (Universitas Teknologi Malaysia) pada Rabu, 12 April 2023, di Aula KPLT Lantai 3. Kegiatan ini dihadiri oleh External Benchmarking Unit Penjaminan Mutu FT dengan PTN Luar Negeri (Universitas Teknologi Malaysia).

Dalam kegiatan tersebut, Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc, MT.,Ph.D. selaku dekan fakultas teknik menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan benchmarking adalah untuk mencari best practice. Selain itu, ada beberapa program yang akan melakukan ASIIN. Sementara itu, Ir. Yosep Efendi, M.Pd. selaku ketua divisi penjaminan mutu, menceritakan prodi yang ada di Fakultas Teknik, yaitu ada prodi S1 dan S2. Selain itu, prodi Vokasi telah pindah dan jumlah dosen yang ada saat ini adalah 206 orang, menurun dari 269 karena sebagian telah pindah ke Fakultas Vokasi. UPM adalah salah satu unit yang paling penting, dan diharapkan dapat memberikan best practice dari UTM agar kualitas pendidikan di FT UNY dapat lebih baik.

Dalam kegiatan ini, Prof Madya Dr. Yusri bin Kamin, pemateri yang dihadirkan langsung dari UTM, menyampaikan materi tentang perbaikan akreditasi setiap 4 tahun sekali, isu-isu yang ada di luar perlu dikembangkan, merancang transformasi digital, dan meningkatkan visi. Materi tersebut disampaikan dalam format presentasi (PPT).

Kegiatan External Benchmarking Unit Penjaminan Mutu FT dengan PTN Luar Negeri (Universitas Teknologi Malaysia) ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan di FT UNY dengan mencari best practice dari PTN Luar Negeri, khususnya UTM. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, FT UNY dapat mengembangkan prodi yang ada dan meningkatkan akreditasi secara berkelanjutan.

Editor: RAA