Skip to main content

Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Unit Penjaminan Mutu Fakultas Teknik UNY Tahun 2022 Berlangsung Sukses

Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Unit Penjaminan Mutu Fakultas Teknik UNY Tahun 2022 Berlangsung Sukses

Penjamu FT UNY - Pada hari Kamis, 29 Desember 2022, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Unit Penjaminan Mutu (UPM) yang berlangsung dari pukul 14.00 hingga 16.00 WIB di Ruang Sidang KPLT Lantai 2. Evaluasi tersebut dilakukan untuk mengevaluasi kinerja UPM FT UNY sepanjang tahun 2022.

Beberapa notulensi yang diambil selama kegiatan evaluasi tersebut antara lain Dr. Umi Rochayati, M.T, selaku ketua Unit Penjaminan Mutu Fakultas memberikan masukan mengenai benchmarking yang telah dilakukan dengan Universitas Sebelas Maret, penyusunan dan sosialisasi visi dan misi FT UNY 2022, serta rencana akreditasi internasional pada 5 September 2022 untuk lima program studi.

Sementara itu, Muhammad Munir, M.Pd. selaku Koordinator Divisi Audit & Monev memberikan catatan mengenai program sub divisi sasaran kinerja prodi yang belum melakukan audit ke prodi dan laporan visi misi yang belum tersusun. Namun demikian, ia juga mencatat bahwa sebagian besar program yang telah terlaksana dengan baik.

evaluasi unit penjaminan mutu

Ir. Yosep Efendi, M.Pd. selaku Koordinator Divisi Pengembangan Mutu memberikan beberapa masukan mengenai pengembangan standar mutu MBKM, serta membuat pengembangan Mahasiswa kegiatan di luar kampus. Ia juga mencatat bahwa ada 14 program yang direncanakan, namun hanya 7 program yang terlaksana karena masalah pendanaan. Selain itu, ia juga menyampaikan rencana benchmarking dengan UNS untuk antisipasi akreditasi ASIIN dan mengundang Bu Dr. Sri Andayani MIPA mendampingi akreditasi internasional.

Dr. Giri Wiyono, M.T. memberikan masukan mengenai apakah penjamu yang telah dilakukan selama ini sudah sesuai dengan standar DIKTI dan apakah sudah melakukan PPEPP. Ia juga menekankan pentingnya mengarah ke Indikator Kinerja Utama (IKU) dan menyoroti adanya penurunan IKU di level Fakultas.

Selain itu, ada juga masukan mengenai bagaimana agar alumni tetap terjalin komunikasi dengan Fakultas dan agar terdapat timbal balik, tidak hanya mengisi instrument tracer study. Hal ini dianggap penting agar alumni dapat menerima informasi lowongan kerja dari Fakultas.

Meskipun ada beberapa catatan yang diberikan selama kegiatan evaluasi, secara keseluruhan, evaluasi tersebut dianggap sukses dan memberikan masukan yang sangat berharga bagi UPM FT UNY untuk terus memperbaiki kinerjanya di masa mendatang. 

​​​​​​​Editor: RAA