Skip to main content

ASESMEN LAPANGAN PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO SARJANA TERAPAN

AL TE

Program Studi Teknik Elektro Sarjana Terapan (D4) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menjalani proses Asesmen Lapangan (AL) secara daring dengan perwakilan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk penilaian akreditasi pada Jumat – Sabtu (10–11/10/2021). Asesor BAN-PT yang bertugas pada AL tersebut adalah Dr. Ir. Era Purwanto, M.Eng., dari Politeknik Elektronik Negeri Surabaya dan Dr. Abdul Syakur, M.T. dari Universitas Diponegoro. AL diawali dengan sambutan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang dalam hal ini disampaikan olek Wakil Rektor bidang Akademik, Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A.

Margana dalam sambutannya menyampaikan bahwa eksistensi sebuah program studi tentu perlu terus dilegal formal kan melalui proses akreditasi. “Kami yakin tahapan ini akan memberikan berbagai masukan demi perbaikan mutu prodi,” ujarnya.

“UNY terus berkomitmen untuk menjalankan tiga jenis pendidikan yaitu, akademik, vokasi, dan profesi dan mulai tahun 2019 jalur vokasi D3 UNY telah bermetamorfosis menjadi D4 atau Sarjana Terapan yang secara bertahap akan dipusatkan di kampus UNY Gunung Kidul dan Wates,” lanjut Margana.

“Kami terus memperbaiki diri dalam rangka menghasilkan lulusan yang kompeten dengan menyeimbangan tiga dimensi, yakni kognitif, keterampilan dan attitude melalui gabungan hard skills dan soft skills serta optimalisasi pengembangan otak kanan dan kiri,” imbuhnya.

Sementara itu, Era Purwanto juga menyoroti tentang Pendidikan vokasi yang saat ini menjadi tumpuan bangsa dan terus mendapat perhatian langsung dari Presiden Joko Widodo. “Walaupun nampak dipisahkan namun bidang vokasi mesti terus bersinergi dengan bidang akademik sehingga bisa saling mengisi dan melengkapi,” lanutnya.
“Satu hal yang juga terus diperhatikan pada bidang vokasi adalah pengembangan TEFA (Teaching Factory) agar memiliki peran strategis dalam aktualisasi konsep problem-based learning dalam proses belajar mengajar,” tandasnya.

Abdul Syakur menambahkan bahwa proses asesmen ini lebih pada kegiatan untuk memotret, mencocokan dan memverifikasi terkait data yang dikirimkan dengan realitas yang ada. “Seperti kita ketahui bersama bahwa data sangatlah dinamis sehingga bisa saja data yang telah disampaikan ke asesor  sewaktu-waktu berubah,” tegasnya.
Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., dalam presentasinya kembali menekankan bahwa Program Studi Teknik Elektro Sarjana Terapan (D4) merupakan pengembangan dari (D3) Teknik Elektro berdasarkan lampiran Surat dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. B/185/C. Ca/KB.01.00/2019 tentang Penugasan Perubahan Program Studi Program Diploma III menjadi Sarjana Terapan di Perguruan Tinggi untuk menguatkan jenjang pendidikan vokasi terhadap tantangan industri masa depan.

Usai pembukaan, acara kemudian dilanjutkan dengan proses verifikasi Borang III A dan Borang III B Fakultas dan Prodi. Terdapat tujuh standar yang ditinjau sebagai dasar penilaian, meliputi (1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, (2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, (3) mahasiswa dan lulusan, (4) sumber daya manusia, (5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, (6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, (7) penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.

Seluruh tahapan kegiatan ini tentu sangat relevan dengan pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan UNY dalam bidang pendidikan bermutu.